BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Thursday, 3 September 2009

Khasiat Susu Kambing

Susu kambing paling berkesan dan lebih berkhasiat jika dibandingkan dgn susu lembu. Pengemar susu kambing menyatakan susu kambing lebih banyak khasiatnya dlm menyembuhkan penyakit dalaman.

Sunnah Rasulullah yang telah dilupakan

Susu kambing dpt menjadi alternatif bagi pengguna yg mempunyai alergi terhadap susu lembu. Boleh jadi itulah hikmahnya mengapa dlm riwayat-riwayat sahih tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya kita temui kisah mereka minum susu kambing dan bukan susu lembu.

Rasulullah saw. pernah bersabda sebagaimana yang diriwayatkan dalam HR. Muslim bahwa Islam datang dalam keadaan asing dan pada akhirnya akan datang suatu masa di mana Islam akan menjadi asing kembali. Karana dalam memahami dan mempraktikkan ajaran-ajaran Islam seorang muslim diperintahkan Allah SWT. untuk meneladani Rasulullah saw. (QS. 33: 21)[1], maka dalam sejarahnya terdapat pula masa di mana praktik meneladani semaksimal mungkin seluruh sikap dan perilaku sehari-hari Rasulullah – termasuk kebiasaan makan dan minumnya – mengalami masa awal yang asing dan masa kemudian yang asing pula.

Di antara jenis minuman yang biasa diminum oleh Rasulullah saw. adalah susu kambing segar, yakni langsung diminum sesudah diperah dari ambing kambing (kisah Abdullah bin Mas'ud pada masa remaja saat dia menggembalakan kambing milik Uqbah bin Mu'aith)[2]. Namun, berapa peratus dari penduduk muslim di seluruh dunia ini – terlepas dari kemampuan ekonominya – yang punya kebiasaan minum susu kambing? Atau lebih spesifisik lagi: berapa peratus dari seluruh kaum muslimin di dunia ini yang tahu akan manfaat susu kambing?

Khasiat Susu Kambing Bagi Kita

Jarang yang tahu, ternyata selain padat dgn gizi, susu yang beraroma khas ini berkhasiat tinggi bagi kesihatan. Sejumlah penyakit seperti gangguan pencernaan, TBC, dan disfungsi seksual boleh diatasi dengan mengambil susu kambing.

Di sisi lain, minum susu kambing sebagai makanan tambahan ( food supplement ) diketahui dapat mengurangi gangguan pernafasan, seperti asma, bronkitis, bahkan juga rematik. Selebihnya, karana susu kambing mampu mengurangi lemak dalam tubuh, minuman ini pun boleh menghaluskan kulit.

Meski begitu, sesungguhnya mekanisme kerja susu kambing dalam mengatasi berbagai gangguan penyakit dalam tubuh belum diketahui secara pasti karena penelitian tentang itu masih sangat terbatas dan umumnya hanya dilakukan di negara-negara Asia.
Hanya, yang jelas, susu kambing mengandung zat bioaktif yang mampu menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh. Selain itu, khasiat susu kambing akan lebih efektif bila peminumnya selalu menjaga kesihatan tubuh, misalnya dengan bersukan.

Keistimewaan Susu Kambing

Kaya Protein, enzim, mineral, vitamin A, dan Vitamin B (riboflavin). Beberapa jenis enzim juga terdapat dalam susu kambing, antara lain : Ribonuklease, Alkalin Fosfate, Lipase, dan Xantin Oksidase. Sementara beberapa mineral yang terkandung dalam susu kambing yaitu Kalsium, Kalium, Magnesium, Fosfor, Klorin dan Mangan.

Mencegah penyakit demam kuning.

Mencegah penyakit sendi-sendi dan buah pinggang.

Mencegah penyakit lemah jantung.

Mencegah penyakit darah tinggi/pening-pening.

Mencegah batuk kering.

Mencegah penyakit yg menyerang jantung, limpa dan hati.

Mencegah penyakit saraf yg dialami apabila usia semakin lanjut.

Cukup bermanfaat bagi mereka yg mengalami lemah tenaga batin.

0 comments: